F & B SERVICE

Program peminatan Food & Beverage Service / Tata Hidang untuk menghasilkan Tenaga pelaksana yang berkepribadian, berpengetahuan dan terampil dalam melaksanakan tugas pelayanannya di bidang Makanan dan Minuman, menguasai kemampuan dalam melaksanakan pekerjaan yang bersifat rutin secara mandiri baik dalam pelaksanaan maupun tanggungjawab pekerjaannya.

FOOD & BEVERAGE SERVICE

Para lulusannya dipersiapkan untuk dapat mengisi jabatan sebagai pimpinan menengah di bidang usaha jasa boga, rumah makan dan juga dibidang usaha perhotelan diantaranya :

“FB Service Supervisor, Bartender, Head WAITER (Outlet Leader), Chief Steward, Assistant Restaurant Manager, Assistant Bar Manager, Penyelia Tata Hidang pada Hotel Berbintang 4 dan atau 5, Asisten manajer pada Usaha Jasa Makanan dan Minuman, Wirausaha, Asisten pada Laboratorium Praktik

CAPAIAN PEMBELAJARAN KHUSUS

Coffee Bean

Core Competencies :

READ More

  • Bekerjasama secara efektif dengan kolega dan pelanggan
  • Bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda
  • Menerapkan prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
  • Mengikuti prosedur kebersihan di tempat kerja
  • Memelihara pengetahuan tentang industri perhotelan

Coffee Bean

Generic Competencies

READ More

  • Berkomunikasi secara efektif melalui telepon
  • Mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan
  • Melakukan prosedur administrasi
  • Mampu Berkomunikasi secara lisan dalam Bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
  • Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan lokal
  • Melakukan prosedur dasar pertolongan pertama
  • Memproses transaksi keuangan
  • Menyediakan penghubung antara dapur dan area pelayanan
  • Menyediakan layanan makanan dan minuman
  • Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan tentang makanan dan minuman
  • Menangani dan menyelesaikan keluhan pelanggan
  • Memantau kegiatan kerja
  • Membangun dan memelihara lingkungan kerja yang aman

Coffee Bean

Functional Competencies

READ More

  • Memelihara kualitas layanan pelanggan
  • Menyediakan layanan gueridon
  • Menyediakan silver service
  • Menyediakan layanan minuman anggur
  • Menyiapkan dan menyajikan cocktail
  • Melatih staff dalam keterampilan kerja
  • Memantau kinerja staf
  • Memantau operasi kerja rutin
  • Memulai percakapan dan mengembangkan hubungan baik dengan tamu

AKTIVITAS PRAKTIK

Pola Perkuliahan di lingkungan AKPAR NHI Bandung1 minggu teori dan 1 minggu praktik. Semester 1, 2, 4,6 di Kampus, dan Semester 3 dan 5 di Industri, sehingga mahasiswa mempunyai pengalaman di Industri selama 1 tahun

PRESTASI MAHASISWA PROGRAM F&B SERVICE

UNIT KOMPETENSI YANG DI UJIKAN

SEMESTER 1

SEMESTER 1 (KLUSTER : WAITER)

No Kode Unit Judul Unit Kompetensi MK
1 PAR. HT02.022.01 Berkomunikasi Melalui Telepon PSP/LTH I
2 PAR.HT03.001.01 Mengikuti Prosedur Kebersihan ditempat kerja HSK/LTH I
3 PAR.HT02.050.01 Meningkatkan dan memperbaharui pengetahuan lokal PPH/LTH I
4 PAR.HT03.038.01 Menerapkan Proses Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja HSK/LTH I
5  PAR.HT01.004.01 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan tentang industri perhotelan PPH/LTH I
6 PAR.UJ03.003.01 Menyediakan pertolongan pertama HSK/LTH I
7 PAR.HT03.064.01 Menangani Keluhan PSP/LTH I
8 PAR.HT03.049.01 Menangani kualitas layanan pelanggan PSP/LTH I
9    PAR.HT02.003.01 Menyediakan Layanan Makanan dan Minuman OPR 1/LTH I

SEMESTER 5 & 6

SEMESTER V DAN VI (KLUSTER :SUPERVISOR & ADMINISTRASI)

No Kode Unit Judul Unit Kompetensi MATA KULIAH
1 PAR.HT02.051.01 Mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan PHI
2 PAR.HT.03.043.01 Memantau Kinerja staff TES
3 PAR.HT.03.045.01 Memimpin dan mengelola SDM TES
4 PAR.HT03.024.01 Melatih Kelompok Kecil PDP
5 PAR.HT03.036.01 Merancang Program Pelatihan PDP
6 PAR.HT03.026.01 Merencanakan sejumlah sesi pelatihan PDP
7 PAR.HT03.027.01 Melaksanakan Sesi pelatihan PDP

SEMESTER 2

SEMESTER II (KLUSTER : BARTENDER)

No Kode Unit Judul Unit Kompetensi MATA KULIAH
1 PAR.HT02.052.01 Menangani Situasi Konflik DDM/LTH II
2 PAR.HT02.009.01 Menyiapkan dan Menyajikan Minuman non-alkohol OPB I/LTH II
3 PAR.HT02.007.01 Menyediakan Room Service OPR II/LTH II
4 PAR.HT02.012.01 Menyediakan saran ahli tentang makanan PPM/LTH II
5 PAR.HT02.001.01 Membersihkan & merapikan area bar OPB I/LTH II
6 PAR.HT02.002.01 Mengoperasikan bar OPB I/LTH II
7 PAR.HT02.010.01 Mengembangkan dan Memperbaharui Pengetahuan Tentang Makanan dan Minuman PPM/LTH II

SEMESTER 3 & 4

SEMESTER III DAN IV (KLUSTER : HEAD WAITER)

No Kode Unit Judul Unit Kompetensi MATA KULIAH
1 PAR.HT.03.051.01 Mengelola Keuangan Sesuai Anggaran SIH/PKL
2 PAR.HT.03.052.01 Mempersiapkan dan memantau anggaran SIH/PKL
3 PAR.HT.03.013.01 Memproses Transaksi Keuangan SIH/PKL
4 PAR.HT03.005.01 Melaksanakan prosedur administrasi KOH/PKL
5 D1.HBS.CL5.14 (PAR.HT02.034.01) Mengelola orang mabuk TPW/PKL
6 PAR.HT02.013.01 Menyediakan layanan minuman anggur TPW/PKL
7 PAR.HT02.015.01 Menyediakan layanan Gueridon PKL
8 PAR.HT02.016.01 Menyediakan Silver Service PKL
9 PAR.HT02.014.01 Menyiapkan dan Menghidangkan coctail OPB II/PKL
10 PAR.HT02.005.01 Mengoperasikan Sistem penyimpanan Anggur TPW/PKL
11 PAR.HT03.59.01 Mengikuti dan Menjalankan Instruksi dan Pengarahan dalam Beberapa Situasi BIP I/PKL
12 PAR.HT03.068.01 Menulis pesan singkat BIP 1/PKL

PROFIL VISUAL PRAKTIK

PENGAJAR VOKASI BIDANG FOOD AND BEVERAGE SERVICE

Pengajar vokasi dilingkungan AKPAR NHI Bandung berasal dari Industri perhotelan yang memiliki pengalaman pada bidangnya

IDHAM SAKTI WIBAWA.SE.MM.Par
  • PENDIDIKAN
  • PENGALAMAN
YAYAN SETIAWAN.ST.Par
  • PENDIDIKAN
  • PENGALAMAN
TOMMY RIZAL.A.Md
  • PENDIDIKAN
  • PENGALAMAN
RATIH MADURETNO.A.Md
  • PENDIDIKAN
  • PENGALAMAN