Profil AKPAR NHI Bandung

The Real Swiss Model Hotel School

SEJARAH AKPAR NHI BANDUNG

Akademi Pariwisata NHI Bandung adalah sebuah Perguruan Tinggi Swasta yang berada di bawah naungan Yayasan Kopensi STPB. AKPAR  NHI Bandung didirikan Pada tahun 2001 melalui kesepakatan antara Pimpinan Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) dan Koperasi Pegawai Negeri Sipil (Kopensi) STPB dengan mendirikan sebuah Yayasan diberi nama Yayasan Kopensi STPB, tugas pokok didirikan Yayasan adalah mengurusi  dan mengelola pendirian Lembaga Pendidikan swasta dilingkungan pegawai Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung. Adapun nama lembaga pendidikan yang didirikannya bernama Akademi Pariwisata NHI Bandung yang terdaftar berdasarkan Akte Notaris CLEMENTINE TITIN SENJAJA.,SH No. 2 Tanggal 17 April 2001 dan pembaharuan Akta Notaris Yayasan oleh LUCIA PRATIWI.,SH No.07 tanggal 11 Desember 2015 yang berkedudukan di Bandung Provinsi Jawa Barat sedangkan ijin pendirian AKPAR NHI Bandung.

Baca Selanjuntya

Maksud didirikannya AKPAR  NHI salah satunya dalam rangka membantu pemerintah untuk menyiapkan “skilled workers” tenaga-tenaga vokasi professional dalam bidang operasional hotel, maka atas dasar Surat Keputusan Direktur Pendidikan Tinggi No. 021/D/O/2002 tertanggal 28 Januari 2002 maka secara resmi menjadi lembaga pendidikan perguruan tinggi swasta yang di beri nama AKADEMI PARIWISATA NHI Bandung. Pendirian AKPAR  NHI Bandung dikhususkan untuk menyelenggarakan pendidikan pada Program Studi Perhotelan.

Pada saat pendirian AKPAR NHI perkuliahannya menempati Kampus Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung, dengan berjalannya waktu maka AKPAR NHI untuk menjadi perguruan tinggi yang mandiri mendirikan kampus milik sendiri di Gudang Kahuripan Lembang. dalam proses pembangunan pada tahun 2016 AKPAR NHI menempati Kampus di Jalan cemara No 20 sampai dengan selesai pembangungan pada tahun 2018.

AKPAR NHI

“Menjadi Perguruan Tinggi Vokasi Perhotelan yang Unggul Di Tingkat Nasional dan Asean Pada Tahun 2038”

 

Pegawai Tetap

Instruktur Tetap

Dosen Tetap

Karyawan

Coffee Bean

MISI AKPAR NHI

Next

  1. Melaksanakan proses pendidikan dan pelatihan di bidang pariwisata/ perhotelan melalui penggunaan berbagai teknologi pendidikan sesuai dengan standar mutu pendidikan nasional dan Asean.
  2. Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan yang inovatif.
  3. Mendarmabaktikan ilmu pengetahuan yang dikuasai kepada masyarakat.
  4. Menyediakan sarana dan prasarana belajar yang memadai sesuai dengan kebutuhan di era globalisasi.
  5. Mengembangkan organisasi untuk meningkatkan tata kelola yang baik (good governance) sehingga mampu mengantisipasi dan mengakomodasi perubahan lingkungan strategis.
  6. Menjalin jaringan kerjasama yang produktif dan berkelanjutan dengan lembaga pendidikan, pemerintah dan industri ditingkat daerah, nasional dan internasional.
  • .
Coffee Bean

TUJUAN

Next

Tujuan pendidikan Program Studi Operasional Perhotelan adalah

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan vokasional di bidang pariwisata/ perhotelan yang dapat menerapkan, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya di bidang pariwisata/ perhotelan.
  2. Menghasilkan tenaga kerja vokasional di bidang pariwisata/ perhotelan sebagai aset nasional yang berkualitas, memiliki kemampuan vokasional, kreatif dan inovatif, efisien, berjiwa wirausaha, dan berintegritas tinggi dalam menunjang terwujudnya insan pariwisata/ perhotelan yang penuh tanggung jawab dalam mengemban tugas kewajiban baik selaku pribadi maupun selaku warga masyarakat.
  3. Menghasilkan tenaga kerja yang mampu melakukan penelitian terapan di bidang ilmu pengetahuan pariwisata/ perhotelan yang hasilnya dapat diimplementasikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
  4. Mengembangkan kesempatan untuk mengadakan kerjasama dengan pihak lain dalam memberikan pelayanan di bidang pariwisata/ perhotelan.
Coffee Bean

Sasaran

Next

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang terampil dibidang perhotelan, menguasai ilmu pariwisata, perhotelan dan budaya yang profesional
    1. Mengoptimalkan keterlaksanaan PBM dengan tingkat partisipasi dosen dan mahasiswa di atas 90% serta pencapaian IPK Mahasiswa di atas 3,50
    2. Terlaksananya program sertifikasi mahasiswa dilingkungan AKPAR NHI Bandung
    3. Memiliki kurikulum berbasis KKNI, sistem informasi yang terintegrasi dengan layanan akademik dan keuangan yang telah diaudit oleh auditor yang kredibel, akuntabel dan berstandar nasional.
    4. Memiliki SDM dosen yang berkualitas dan telah terakreditasi secara nasional
    5. Memiliki sistem pendidikan dengan perangkat keras dan lunak yang prima untuk mendukung keseimbangan antara teori dan praktek guna menunjang proses belajar dan mengajar.
    6. Meningkatkan kepuasan mahasiswa terhadap layanan akademik.
    7. Melakukan evaluasi dan penyesuaian kurikulum yang periodik untuk menjaga kualitas pendidikan.
    8. Menyelenggarakan seminar, kuliah umum dan workshop di Program Studi.
    9. Mengirimkan dosen ke acara-acara ilmiah seperti workshop, seminar nasional dan internasional secara rutin dan terprogram

 

  1. Menghasilkan karya penelitian dalam bidang perhotelan.
  1. Memiliki lembaga penelitian yang konsisten mempublikasikan hasil penelitian dosen dalam jurnal ilmiah terakreditasi di tingkat lokal, nasional dan internasional sekurang-kurangnya satu kali setiap tahun.
  2. Memiliki jurnal yang terakreditasi dan terindeks oleh mesin pengindeks.
  3. Memiliki kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang unggul dan berdaya saing (berprestasi), yang akan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di tengah masyarakat baik di tingkat lokal, regional, nasional.
  4. Melakukan diseminasi informasi dan pengembangan keilmuan dalam bentuk pelatihan-pelatihan keahlian dan konsultasi.
  5. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat khususnya dalam bidang makanan dan minuman
  6. Meningkakan Kerjasasama
  7. Menghasilkan kerja sama dengan pihak industri perhotelan, industri makanan dan minuman baik dalam dan luar negeri
  8. Memanfaatkan kerjasama dengan alumni sebagai sarana menguatkan akses kerja sama dengan mitra di luar kampus, guna mendukung terciptanya jaringan kerjasama dengan berbagai lembaga di dalam dan luar negeri,
  9. Membuka jalinan kerjasama internasional yang mengarah pada bidang penelitian dan pengembangan akademik
  10. Membuka jalinan kerjasama internasional dengan program studi di perguruan tinggi negara maju yang dijadikan sebagai benchmark.
  11. Mewujudkan citra perguruan tinggi bertaraf internasional dalam pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di khususnya di bidang perhotelan, ilmu pengetahuan pariwisata, dan budaya.
    1. Tercapainya akreditasi bagi institusi dan program studi
    2. Tercapainya produktivitas penelitian perguruan tinggi berdasarkan jumlah jurnal nasional dan internasional, kutipan yang digunakan oleh akademisi lain dalam penelitan, serta penghargaan yang sering diterima oleh perguruan tinggi.
    3. Tercapainya lulusan yang memiliki kemampuan akademik yang mampu bekerja secara efektif dalam tim multikultural, mampu mempresentasikan laporan manajerial dan mengelola karyawan.
    4. Tercapainya tujuan menjadi perguruan tinggi yang dapat memberikan pelayanan terdepan dalam pengajaran/kegiatan akademik yang dapat menginspirasi generasi mendatang mengenai potensi riset akademik.
    5. Tercapainya perguruan tinggi yang dapat membuat mahasiswa mengetahui apa yang akan dilakukan ketika mereka kuliah sehingga mampu mendorong mahasiswa untuk bersaing dalam ranah global.
Coffee Bean

NILAI DASAR

Next

  1. Hospitalitas, merupakan suatu keyakinan yang melekat bahwa untuk mencapai visi dan misi lembaga harus diikuti dengan mental melayani. Hal ini disesuaikan dengan istilah yang diambil dari bahasa sansekerta yaitu “Sukhatiti Dharmotama” yang berarti “melayani dan menyenangkan hati anda adalah tugas utama kami”.
  2. Integritas, merupakan suatu keyakinan dan semangat yang melekat guna mencapai visi dan menjalankan misi yang dilandasi oleh kejujuran, kesopan- santunan, kedisiplinan dan kemauan kerja keras serta loyalitas dalam rangka menjunjung mutu kualitas guna pencapaian Visi dan implementasi Misi.
  3. Sempurna, merupakan suatu prinsip dalam upaya pencapaian visi dan misi melalui tidakan-tindakan yang senantiasa dikerjakan dengan utuh, lengkap, dan tanpa cacat; artinya sebuah semangat untuk berkarya dalam menjalankan fungsi dan peran yang selalu berprinsip kepada hasil yang terbaik.
  4. Terpercaya, merupakan suatu semangat menjalankan Misi menuju Visi yang dilandasi sikap jujur, amanah, dan integritas tinggi; sehingga bagi siapapun yang berhubungan dengan insan AKPAR NHI Bandung tidak meragukan kehandalannya akan penyelesaiannya (paripurna).
  5. Profesional, merupakan cerminan akan taat azas, aturan, akuntabel, memiliki disiplin tinggi, dan komitmen yang utuh terhadap tugas yang diembannya, sehingga menghasilkan kesempurnaan hasil pekerjaannya.
  6. Berkepribadian, merupakan suatu prinsip yang melekat bahwa dalam upaya mencapai Visi dan Misi, AKPAR NHI akan tetap mempertahankan jati diri dan kepribadian sebagai bangsa Indonesia.
  7. Menerapkan Global Code of Ethic of Tourism atau Kode Etik Kepariwisataaan Dunia yang ditetapkan oleh United Nation World Tourism Organization (UNWTO) meliputi :
  • Kontribusi pariwisata untuk saling pengertian dan saling menghormati antara masyarakat dan wisatawan, (Tourism’s contribution to mutual understanding and respect between peoples and societies),
  • Pariwisata sebagai sarana untuk pemenuhan individu dan kolektif (Tourism as a vehicle for individual and collective fulfilment),
  • Pariwisata sebagai salah satu faktor dalam pembangunan berkelanjutan (Tourism, a factor of sustainable development)
  • Pariwisata adalah warisan budaya umat manusia dan berkontribusi pada peningkatannya (Tourism, a user of the cultural heritage of mankind and a contributor to its enhancement),
  • Pariwisata adalah kegiatan yang memberikan keuntungan bagi negara yang menjadi tuan rumah dan masyarakatnya (Tourism, a beneficial activity for host countries and communities),
  • Pembangunan pariwisata merupakan tanggung jawab para stakeholdernya (Obligations of stakeholders in tourism development),
  • Menjunjung tinggi hak-hak kepariwisataan (Rights to tourism),
  • Menjunjung tinggi kebebasan bagi pergerakan wisatawan (Liberty of tourist movements),
  • Penerapan prinsip-prinsip Kode Etik Global untuk Pariwisata (Rights of the workers and entrepreuners in the tourism industry),
  • Penerapan prinsip-prinsip Kode Etik Global bagi pariwisata (Implementation of the principles of the Global Code of Ethics for Tourism).
  1. l

Milestone AKPAR NHI

AKPAR NHI Bandung dalam mewujudkan Visi dan Misi yang sudah ditetapkan, maka disusun tonggakan  capaian (milestone) yang dituangkan dalam Rencana Pengembangan Jangka Panjang melalui penetapan oleh Yayasan Kopensi STPB

 

MENGAPA KULIAH DI AKPAR MHI BANDUNG?

TESTIMONI

Berikut Beberapa Testimoni dari kalangan Industri Perhotelan tentang AKPAR NHI Bandung

CHEF SYAH JOHAN DARUSSALAM

Saat ini, semakin berkembangnya bisnis Hotel, Restoran, Cafe, Catering serta semakin dibukanya kesempatan untuk bekerja di kapal 2 pesiar bertaraf Internasional di Dunia Pariwisata, maka berdampak positif dengan semakin berkembang dan tumbuh pesatnya sekolah2 Perhotelan dan Tata Boga. Ternyata banyak generasi muda yang berminat untuk belajar di Jurusan Tata Boga.

Menurut pengamatan dan pengalaman hasil temuan saya sebagai mantan Praktisi, khususnya dibidang kuliner, lulusan dari hasil tempaan AKPAR NHI banyak yang sudah bekerja di Hotel2 Change seperti Novotel, Hyatt, Holiday Inn, Hilton, baik di Indonesia (Jakarta – Bandung – Medan – Bali – Yogyakarta – dll) maupun di luar negeri seperti di Amerika, Belanda, Singapore, Middle East, Malaysia, dengan level Supervisor, seperti Demi Chef de Partie, Chef d Partie, Sous Chef bahkan ada yang menjabat sebagai Executive Chef dan FB Manager.

Melihat apa yang saya sampaikan diatas, bahwa AKPAR NHI memang mempunyai tenaga Pengajar yang handal di bidangnya dan pernah mempunyai pengalaman sebagai Praktisi di Industri Perhotelan, Restaurant, Kapal Pesiar.

Ini terbukti bahwa lulusan AKPAR NHI, mereka dapat membuat semua jenis masakan dari berbagai unsur seperti : Cold Kitchen / Garde Manger : membuat Terrine, Pate dan aneka Cold Appetizer – Aneka masakan Panas & Dingin dari beberapa Negara – Aneka jenis Dessert & Bread – dan lain lain yang sesuai standard. Disamping itu juga dilihat dari hasil food presentation, baik dilihat saat mengikuti kompetisi maupun dalam pengujian Food Display,  mereka dapat mengikuti trend, seperti Nouvelle Cuisine, East meet West, Fusion, dll.

Dan ini juga adalah tidak lepas dari seringnya para Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengikuti kompetisi2 yang bertaraf Internasional maupun Nasional, seperti Salon Culinaire, Sail Competition, Chef Expo, dan lain lain.

Pesan saya : Kepada Pihak Management AKPAR NHI, tingkatkan terus pengetahuan para Pengajar, dan kalau perlu dilibatkan Tenaga2 Pengajar dari Para Praktisi

Perkembangan industri di bidang kuliner tidak akan pernah berhenti, akan ada saja kreatifitas / inovasi dari Para Ahli Kuliner di seluruh Dunia.

WIBOWO CAHYO SEPUTRO

Human Resources Departement , HRD InterContiental Bandung Dago

The right person in the right place.

Beberapa karyawan kami merupakan lulusan AKPAR NHI, dan beberapa alumni lulusan AKPAR NHI sudah menduduki posisi Manager.

Mahasiswa AKPAR NHI mempunyai kualitas baik, dikarenakan mereka sudah dipersiapkan selama proses belajar dikampus sehingga mereka dapat cepat beradaptasi saat mereka on the job training yang pertama. Program on the job training yang pertama digunakan mahasiswa AKPAR NHI untuk mengembangkan dan mengasah kompetensi yang di dapatkan di kampus.

Sedangkan Kemampuan mahasiswa AKPAR NHI semakin lebih baik pada saat mereka melakukan program on the job training yang kedua, hasil program on the job training pertama yang sudah terasah akan membentuk rasa percaya diri mahasiswa pada saat on the job training kedua.

Rasa percaya diri  mahasiswa yang semakin terbentuk pada saat on the job training, merupakan value bagimahasiswa tersebut. Value yang diwujudkan dengan rasa percaya diri, merupakan bekal bagi mahasiswa tersebut  pada saat mereka telah menyelesaikan pendidikan.

Hal ini terbukti dengan beberapa mahasiswa yang melakukan on the job training kedua di hotel InterContinetal Bandung Dago dapat bergabung bersama InterContiental Bandung Dago.

Keberhasilan mahasiswa AKPAR NHI tersebut dikarenakan Value yang di memiliki mahasiswa tersebut sehingga mereka bisa bersaing dan menjadi pemenang, the right person in the right place.

SEPATAH KATA

AKPAR NHI didirikan untuk memenuhi kebutuhan tenaga trampil dibidang vokasi perhotelan, Semoga Lulusan AKPAR NHI Bandung senantiasa diterima di industri perhotelan

H. ROCHADI.,SH.MM

KETUA BADAN PEMBINA , YAYASAN KOPENSI STPB

AKPAR NHI Bandung telah menghasilkan tenaga terampil yang profesional dibidang perhotelan, Alumninya sudah tersebar baik dalam maupun Luar negeri

Drs.H. ADE RAKHMANTO.,MM.Par

KETUA BADAN PENGURUS , YAYASAN KOPENSI STPB

Selamat Datang DI website AKPAR NHI Bandung, semoga AKPAR NHI Bandung menciptakan generasi yang siap kerja

Drs.DJOKO SUYONO.,M.Si.,CHE

DIREKTUR, AKPAR NHI BANDUNG