Rooms Division

Food & Beverage Service

Kitchen

Pastry

DIPLOMA III PERHOTELAN

Program studi  Diploma III Perhotelan AKPAR NHI Bandung hadir untuk mencetak SDM Perhotelan yang unggul memiliki jiwa hospitality. Kurikulum AKPAR NHI mengacu pada KKNI dengan materi Toolbox Asian. Struktur kurikulum operasional pada program di AKPAR  NHI Bandung ditata mengacu kepada ASEAN Common Competency Standards for Tourism Professionals standar Asian (ACCSTP) dan CATC(Common ASEAN Tourism Curriculum)

Program Studi

Menghasilkan Tenaga Terampil / skilled workers di Bidang Vokasi Perhotelan yang innovative, inventive, self-motivated and self-directed, creative problem solvers to confront increasingly complex global problem, profesional dan bermanfaat bagi masyarakat serta mampu menghadapi persaingan pasar nasional pada tahun 2025

Jumlah Dosen

Total Lulusan

Mahasiswa AKtif

Lulusan Diploma III

Coffee Bean

MISI PROG STUDI

Next

  • Menyelenggarakan pendidikan yang berstandar nasional dan mampu menerapkan etika Perhotelan profesional serta selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan khususnya ilmu Perhotelan.
  • Menyelenggarakan kegiatan penelitian khususnya dibidang ilmu kepariwisataan untuk meningkatkan pengetahuan dan mengembangkan ilmu Perhotelan.
  • Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan dan pelatihnan dibidang hospitality (pelayanan). Menjalin kerjasama dengan instansi ditingkat regional dan nasional.
Coffee Bean

POLA PERKULIAHAN

NEXT

Pola pembelajaran yang dilaksanakan di AKPAR NHI mengacu kepada Swiss Model Hotel School. Pola pembelajarannya satu minggu teori, satu minggu praktik, lama pembelajarannya dalam satu semester kurang lebih 21 minggu. Semester 1 dan 2 mahasiswa akan belajar teori dan praktik di kampus, pada semester 3 mahasiswa akan melaksanakan On The Job Training (Praktik kerja lapang di Hotel/Industri) selama satu semester atau 6 bulan. Semester 4 mahasiswa akan belajar kembali teori dan praktik di Kampus selama satu semester. Semester 5 mahasiswa akan melaksanakan On The Job Training ke dua (Praktik kerja lapang di Hotel/Industri) selama satu semester, selama On The Job Training ke dua mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakan penelitian di tempat praktik sebagai bahan untuk laporan Tugas Akhir nanti, sehingga pada saat berakhir mahasiswa tersebut sudah mempunya permasahalan dan bekal untuk menyusun tugas akhir dan semester 6 mahasiswa belajar seputar manajemen operasional sekaligus menyelesaikan penyusunan tugas akhir.
Coffee Bean

TUJUAN PRG STUDI

Next

Tujuan pendidikan Program Studi Operasional Perhotelan adalah

  • menghasilkan sumber daya manusia (lulusan) sebagai tenaga-tenaga profesional yang mampu memadukan antara kemampuan skill,disiplin, berdaya saing tinggi dan penguasaan manajemen yang berbasis pada standar kompentensi untuk bidang Operasional Perhotelan.
  • Lulusan akan memiliki keunggulan dalam keterampilan, pengetahuan yang berkualitas dan memiliki integritas, kepribadian yang tinggi dan dasar pengetahuan, pandangan dan wawasan untuk menduduki posisi supervisor khususnya di bidang industri perhotelan di seluruh dunia.
  • Memahami dasar-dasar pengetahuan di bidang perhotelan, manajemen, mengadaptasi sistem akuntansi & pengendalian untuk kepentingan sistem informasi perhotelan. Mampu dan terampil mengelola administrasi manajemen hotel (pemasaran, keuangan, operasi, dan sumberdaya manusia) sesuai dengan perkembangan teknologi informasi.
  • Mampu dan terampil melaksanakan pencatatan transaksi keuangan perhotelan sesuai dengan standar yang berlaku, terampil menyusun laporan keuangan dan laporan informasi lain untuk membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan di bidang perhotelan.
  • Mampu menerapkan administrasi perhotelan dengan menggunakan sistim informasi manajemen sesuai dengan perkembangannya.
  • Mampu berkomunikasi secara profesional dan memiliki pribadi yang unggul sebagai pendukung profesionalismenya.
  • Menjalin jaringan kerjasama dengan asosiasi profesi dan industri di bidang jasa perhotelan
  • Menganalisis rencana kebutuhan hotel, merencanakan prinsip-prinsip pengelolaan hotel dan menilai sumber dana & pemanfaatannya bagi hotel
  • Mampu menciptakan peluang-peluang bisnis dalam berbagai sub sektor hospitaliti (manajemen acara hotel, dsb).
Coffee Bean

Sasaran Prodi

Next

1. Meningkatkan mutu lulusan dengan indikator :

  • Rata-rata IPK lulusan diatas 3,0
  • Rata-rata lama masa studi lulusan 3 tahun
  • Rata-rata waktu tunggu lulusan mendapatkan pekerjaan pertama kurang 6 bulan

2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan pengabdian pada masyarakat dengan jumlah minimal 3 kegiatan setiap tahunnya. 3. Meningkatkan kualitas kegiatan penelitian bagi dosen dengan jumlah penelitian sebanyak 6 judul tiap tahun

3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerjasama / kemitraan dengan pihak hotel yang berorientasi pada upaya untuk mencarikan lapangan kerja bagi lulusan

Coffee Bean

Strategi Pencapaian

Next

  1. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran di kelas maupun di lab praktik.
  2. Meningkatkan kualitas dosen melalui studi lanjut, pelatihan, seminar, lokakarya.
  3. Meningkatkan kualitas proses pembimbingan akademik.
  4. Meningkatkan pelatihan keprofesian, workshop, kuliah tamu dan seminar bagi mahasiswa.
  5. Membangun gedung atau sarana pembelajaran, sarana/fasilitas praktik, melengkapi literatur, sarana penunjang lainnya.
  6. Memberikan pelatihan penyusunan proposal hibah-hibah penelitian, memfasilitasi bagi dosen yang akan melaksanakan penelitian dan pengabdian masyarakat kelembaga pemerintah/swasta.
  7. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja sama dalam bidang praktik kerja lapang dan dengan pengguna lulusan ditingkatan regional maupun nasional
Coffee Bean

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Next

Capaian Pembelajaran :

A. Sikap Tata Niai :

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

 

B. Ketrampilan Umum :

  • Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai , baik yang belum maupun yang sudah baku ;
  • Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur;
  • Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya, didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri;
  • Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih, serta mengomunikasikannya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan;
  • Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya
  • Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
  • Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya , dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri;
  • Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi;

PELUANG PEKERJAAN

  • Diperkirakan pada tahun 2010 hingga 2025, permintaan akan pekerja terampil di kawasan ASEAN akan naik sekitar 41% atau sekitar 14 juta orang. Separuh dari angka tersebut merupakan kebutuhan Indonesia dan disusul oleh Filipina dengan kebutuhan pekerja terampil sebesar 4,4 juta orang. Sesuai dengan skenario MEA, pada tahun 2025 di Indonesia akan terjadi kenaikan peluang kerja sebanyak 1,9 juta (sekitar 1,3 % dari total lapangan kerja)
  • Lulusan program studi D-III Perhotelan AKPAR NHI Bandung dapat bekerja pada bidang pariwisata, Hotel, restauran, kapal pesiar, Bank, Instruktur, front liner, jasa boga, penerbangan, maupun membuka usaha sendiri / wirausaha.
  • Penguasaan seluruh bidang profesi disertai pemahaman program operasional perhotelan dengan ‘On The Job Training’ di hotel berbintang selama dua semester, menjadi jaminan mutu dalam mengembangkan karier lebih tinggi hingga ke Top Level manajemen di berbagai industri.

KEGIATAN PROSES BELAJAR PROGRAM PERHOTELAN

Proses Belajar mengajar di Lingkungan AKPAR NHI Bandung menerapkan sistem Swiss Model Hotel School, dimana proses pembelajarannya dilakukan satu minggu teori dan satu minggu praktik sehingga komposisi teori dan praktik 50%:50%, disertai dengan pengalalaman praktik di Job Training di Hotel selama 2 semester

PENDAPAT ALUMNI  TETANG AKPAR NHI

The best lah!!! Gue ngambil jurusan

The best lah!!!

Gue ngambil jurusan Room Division tapi sukses nya di Kitchen,LMAO!!

Ga nyambung?? Nyambung banget gila!! Setidak nya gue dah paham cara kerja di dunia perhotelan dan pariwisata dan kitchen termasuk di dalam nya. Disiplin kerjaan,tata cara dan peraturan kebersihan,lingkungan,nama makanan,bumbu,jenis minuman,dll.
Udah paham duluan gegara terdampar di enHaii!!

P.S : kalo bisa selama belajar di sini,belajar yang niat,jangan kayak gue 1/2 hati,harusnya udah exec chef sekarang,gegara kurang dalem pengetahuan nya masih stuck di saos sambel chef dah,LOL!!

Tips : bergaol jangan menyendiri,manusia makhluk sosial,cari temen jangan rasis jurusan,lah gue lulusan RDS bisa masak,flair bartending sama ngabisin roti temen kerja juga!!

Semua ini bisa terjadi karena kapal gue sempat karam di enHaii dulu,that memories and feels,tho. Arigatou gozaimashita enHaii!

Daru Khrisdian
Japanese Restaurant
Hibachi Chef(Sous Chef)

Belajar bisa dimana saja….tapi pendidikan

Belajar bisa dimana saja….tapi pendidikan disekolah sangat penting..saya belajar banyak hal di Akpar NHI … Mental dan kedisiplinan saya ditempa disini…sangat penting untuk dunia kerja…kedisiplinan kita menang jauh daripada sekolah non perhotelan…Jangan menjadi lemah karena kamu gagal karena kita anak perhotelan…terus berjuang..o

Arian Dwi Setyo
62 Degree (AU)
Pengelola

Regarding track records, AKPAR NHI

Regarding track records, AKPAR NHI has well known by many people in the field of hospitality. I feel it easier to find a job. There are some things that need to be improved by the campus to provide material and examples about work, especially in the Room Division so that students are better prepared with the capabilities that they carry going forward. In addition, lecturers are also very influential to improve the capabilities of a student. My advice, lecturers can follow the latest hotel and tourism science movements with a learning system that is not monotonous but is more creative and more understood by students so that students can receive the knowledge appropriately.

Muhammad Farhan Yunizaf
PT Horizon Internusa Persada (Travelio.com)
Reservation Clerk

Attitude making us valuable

Attitude making us valuable

Jimmy manuel pradipta
Hakkasan
Chef de partie