ROOMS DIVISION

Peminatan Divisi Kamar merupakan salah satu bagian dari program studi Diploma III  PERHOTELAN pembelajarannya meliputi Front office, housekeeping dan laundry. Guna menghasilkan mahasiswa yang kompeten pada bidang peminatan Divisi Kamar tersedia sarana dan prasara laboratorium praktikum berupa ruang simulasi Front Office (lobby), simulasi Housekeeping/Guest room,

ROOMS DIVISION / DIVISI KAMAR

Para lulusannya dipersiapkan untuk dapat mengisi jabatan sebagai pimpinan menengah di bidang Housekeeping Supervisor dan Front Office Supervisor diantaranya :

“Housekeeping Supervisor, Loundry Supervisor, Front Office Supervisor, Pengelola Bisnis Binatu, Pengelola Bisnis Florist. Pengelola Kebersihan Gedung, Penyelia Divisi Kamar pada Hotel Berbintang 4 atau 5, Asisten Manajer pada Hotel Berbintang 3 ke bawah, Wirausaha, Asisten pada Laboratorium Praktik

CAPAIAN PEMBELAJARAN KHUSUS

Coffee Bean

Core Competencies :

READ More

  • Bekerjasama secara efektif dengan kolega dan pelanggan
  • Bekerja dalam lingkungan sosial yang berbeda
  • Menerapkan prosedur kesehatan, keselamatan dan keamanan kerja
  • Mengikuti prosedur kebersihan di tempat kerja
  • Memelihara pengetahuan tentang industri perhotelan

Coffee Bean

Generic Competencies

READ More

  • Berkomunikasi secara efektif melalui telepon
  • Mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan
  • Melakukan prosedur administrasi
  • Mampu Berkomunikasi secara lisan dalam Bahasa Inggris pada tingkat operasional dasar
  • Mencari dan mendapatkan data komputer
  • Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan lokal
  • Menangani dan menyelesaikan situasi konflik
  • Melakukan prosedur dasar pertolongan pertama
  • Memantau kegiatan kerja
  • Membangun dan memelihara lingkungan kerja yang aman

Coffee Bean

Functional Competencies

READ More

  • Menyediakan layanan akomodasi reception
  • Menerima dan memproses reservasi
  • Mengoperasikan sistim penempahan dengan menggunakan komputer
  • Memproses transaksi keuangan
  • Memelihara pencatatan manual/kertas dan system penerimaan
  • Memproses transaksi untuk pembelian barang atau jasa
  • Memelihara catatan keuangan Tamu
  • Mempersiapkan laporan keuangan
  • Menangani kualitas layanan pelanggan
  • Menyediakan keamanan untuk tamu VIP
  • Menangani orang yang mabuk
  • Melaksanakan audit malam
  • Memelihara Standar catatan keuangan
  • Memantau kinerja staf
  • Melaksanakan penilaian
  • Merencanakan dan mengelola rapat

AKTIVITAS PRAKTIK

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae

UNIT KOMPETENSI YANG DI UJIKAN

SEMESTER 1

KLUSTER : BELL BOY

No Kode Unit Judul Unit Kompetensi Mata Kuliah
1 PAR.HT01.001.01 Bekerjasama dengan kolega dan pelanggan PSP/LDK I
2 PAR.HT01.002.01 Bekerjasama dengan kolega dan pelanggan PSP/LDK I
3 PAR.HT01.003.01 Mengikuti Prosedur Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan di Tempat Kerja HSK/LDK I
4 PAR.HT02.050.01 Meningkatkan dan memperbaharui pengetahuan lokal PPH/LDK I
5 PAR.UJ03.003.01 Menyediakan pertolongan pertama HSK/LDK I
6 PAR.HT02.025.01 Menyediakan jasa porter OKD 1/LDK I
7 PAR.HT02.033.01 Menjaga keselamatan lokasi dan personil HSK/LDK I
8  PAR.HT01.004.01 Mengembangkan dan memperbaharui pengetahuan tentang industri perhotelan PPH/LDK I
9 PAR.HT02.046.01 Menyediakan fasilitas kehilangan& penemuan barang OKD 1/LDK I
10 PAR.HT03.046.01 Mengelola keanekaragaman di tempat kerja PSP/LDK I
11 PAR.HT02.018.01 Menyediakan layanan akomodasi reception OKD 1/LDK I
12 PAR.HT03.040.01 Membangun dan memelihara tempat kerja yang aman HSK/LDK I
13 PAR.UJ03.002.01 Membersihkan Tempat dan Peralatan Kerja HSK/LDK I
14 PAR.HT.03.006.01 Mengumpulkan dan Menyajikan Informasi PPH/LDK I
15 PAR.HT.03.038.01 Menerapkan proses kesehatan, Keselamatan dan keamanan HSK/LDK I
16 PAR.HT.03.064.01 Menangani Keluhan PSP/LDK I

Kegiatan Praktik Housekeeping
SEMESTER 2

Kluster : Telephone Operator

No Kode Unit Judul Unit Kompetensi MATA KULIAH
1 PAR.HT03.061.01 Melakukan percakapan singkat di telepon OKD II/LDK II
2 PAR.HT02.022.01 Berkomunikasi melalui telepon OKD II/LDK II
3 PAR.HT02.052.01 Menangani situasi konflik DDM/LDK II
4 PAR.HT03.060.01 Memulai percakapan dan mengembangkan hubungan baik dengan tamu BIP/LDK II

SEMESTER 3 & 4

Kluster : Receptionist (PKL/DUDI)

No Kode Unit Judul Unit Kompetensi MATA KULIAH
1 PAR.HT03.017.01 Menangani Daftar Pembayaran SIH/PKL
2 PAR.HT02.019.01 Memelihara catatan keuangan SIH/PKL
3 PAR.HT02.020.01 Memproses transaksi keuangan SIH/PKL
4 PAR.HT02.017.01 Menerima dan memproses reservasi OKD II/PKL
5 PAR.HT03.016.01 Mempersiapkan laporan keuangan SIH/PKL
6 PAR.HT03.068.01 Menulis pesan singkat BIP 1/PKL
7 PAR.HT03.005.01 Melaksanakan prosedur administrasi KOH/PKL
8 PAR.HT02.021.01 Melaksanakan Prosedur Klerikal KOH/PKL
9 PAR.HT03.008.01 Merencanakan dan mengelola rapat KOH/PKL

SEMESTER 5 & 6

Supervisor &Administration (PKL/DUDI)

No Kode Unit Judul Unit Kompetensi MATA KULIAH
1 PAR.HT03.043.01 Memantau  kinerja staf TES/PKL
2 PAR.HT03.042.01 Daftar Personil staf TES/PKL
3 PAR.HT02.051.01 Mempromosikan produk dan jasa kepada pelanggan PHI/PKL
4 PAR.HT02.023.01 Melaksanakan audit malam PBH/PKL
5 PAR.HT03.024.01 Melatih kelompok kecil PDP/PKL
6 PAR.HT03.055.01 Mengelola dan Mengadakan Persediaan PBH/PKL

 

PROFIL VISUAL PRAKTIK

PENGAJAR VOKASI BIDANG ROOMS DIVISION

Pengajar vokasi dilingkungan AKPAR NHI Bandung berasal dari Industri perhotelan yang memiliki pengalaman pada bidangnya

DIDIN BUDIAWAN.SE
SEKRETARIS PEMINATAN ROOMS DIVISION

Pendidikan :

Pengalaman Kerja

ANDRI TINA.ST.PAR
Kasubag & Instrukur RDS

Pendidikan :

Pengalaman Kerja

LU'LUWATIN ROSDIANA, SPD, MMPAR
Kebag Litabmas / Dosen RDS

Pendidikan :

Pengalaman Kerja

SUPERWIRATNI, STPAR, MMPAR
Kasubag / Dosen RDS

Pendidikan :

Pengalaman Kerja