Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Khusus (PMJK)

 

PROGRAM STUDI D-III PERHOTELAN PEMINATAN / KONSENTRASI:

Rooms Division, Food & Beverage Service, Kitchen dan Pastry

INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU JALUR KHUSUS ( PMJK )

Penerimaan mahasiswa jalur khusus di AKPAR NHI Bandung adalah penerimaan mahasiswa TANPA TES TERTULIS / PMB REGULER  hanya berdasarkan penilaian kepada prestasi siswa atau berdasarkan nilai raport siswa.

Penerimaan mahasiswa baru AKPAR NHI Bandung melalui jalur Khusus bertujuan memberikan penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi istimewa yang ditunjukan melalui karya seni atau teknologi yang mendapat pengakuan masyarakat atau berupa prestasi akademik maupun non-akademik pada kompetisi di tingkat daerah, nasional maupun internasional.

Melalui seleksi calon mahasiswa baru Jalur Khusus  ini diharapkan dapat meningkatkan keunggulan dan prestasi mahasiswa AKPAR NHI Bandung pada tingkat Provinsi, Nasional atau Internasional.

KETENTUAN UMUM

Indikator Penilaian

  1. PMJK dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dan/atau non akademik dengan menggunakan rapor & portofolio akademik atau non akademik. Rapor yang digunakan adalah semester tiga sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA/sederajat dengan masa belajar tiga tahun atau semester tiga sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
  2. Dalam menentukan mahasiswa yang akan diterima, panitia seleksi akan mempertimbangkan prestasi atau penghargaan yg dibuktikan dengan dokumen surat rekomendasi dari lembaga terkait dan juga bukti prestasi.
  3. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS atau non akademik.
  4. Siswa yang akan mendaftar PMJK wajib membaca informasi pada website.akparnhi.ac.id tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di Akpar NHI Bandung.
  5. Dokumen yang diunggah dan data yang diisikan peserta akan dilakukan verifikasi oleh Panitia Seleksi. Dokumen yang dinyatakan tidak valid dapat diperbaiki oleh peserta (selama masih dalam masa pendaftaran).

 

Persyaratan Umum

  1. Memiliki minat yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan di Akademi Pariwisata NHI Bandung.
  2. Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat lulusan tahun 2020 dan 2021
  3. Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS
  4. Memiliki nilai rapor semester 3 s.d. 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 3 s.d. 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun
  5. Memiliki prestasi akademik dan/atau non akademik serta memenuhi persyaratan
DATA YANG HARUS DISIAPKAN SEBELUM PENDAFTARAN ONLINE
  1. Fotocopy Rapor kelas XI semester 1 dan 2, kelas XII semester 1 yang dilegalisir.
  2. Fotocopy Sertifikat Prestasi Non Akademik (Bila Ada). Prestasi atau penghargaan dalam salah satu atau lebih kegiatan seperti di bawah ini:
    a. Kompetisi yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan:
        Olimpiade sains tingkat provinsi, nasional atau internasional yang meliputi bidang: Matematika, Kebumian, Fisika, Geografi, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, dan Ekonom; Festival dan lomba seni siswa tingkat provinsi atau nasional; Olimpiade penelitian siswa Indonesia; Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI); Lomba Debat Bahasa Indonesia (LDBI); National Schools Debating Championship (NSDC); Kompetisi Olahraga Siswa Nasional; Lomba Komepetensi Siswa (LKS) SMK.
    b. Kejuaraan atau kompetisi seni, budaya, sains, olahraga, atau bidang lainnya di tingkat kabupaten, provinsi, nasional atau internasional.
  3. Surat rekomendasi melanjutkan pendidikan dari Kepala Sekolah.
  4. Surat Keterangan sehat dari orangtua (form dapat di unduh di website penerimaan mahasiswa baru akpar NHI bandung).
  5. Surat Keterangan tidak dapat mengembalikan biaya perkuliahan tahun pertama kecuali bagi yang diterima di Perguruan Tinggi Negeri (form dapat di unduh di website penerimaan mahasiswa baru Akpar NHI bandung)
  6. Pas Photo berwarna 3×4 cm (latar berwarna merah)
PENDAFTARAN online PMJK
  1. Pendaftaran PMJK online di Registrasi PMJK
  2. Melengkapi formulir dengan meng-upload :
  • Scan nilai raport kelas XI – XII / semestar 3 s/d semester 5
  • Pas Foto terbaru
  • Scan sertifikat bukti prestasi akademik atau non akademik (jika ada)
  • Scan form keterangan Sehat dari Dokter
  • Scan surat pernyataan sehat dari orang tua ( Download dulu form Surat Pernyataan Sehat  )
  • Scan surat pernyataan tidak dapat mengembalikan biaya pendidikan tahun pertama kecuali diterima di PTN ( Download dulu Form Surat Pernyataan )
JADWAL PENDAFTARAN PMJK
NO KEGIATAN TANGGAL
1 Pendaftaran Online PMJK 01 Feb – 09 April 2021
2 Penutupan Pendaftaran PMJK 09 April 2021
3 Pengumuman Kelulusan PMJK 19 April 2021
4 Registrasi 26 – 30 April 2021
5 PDSP / Ospek 23 – 28 Agustus 2021

 

KOMPONEN BIAYA PENDIDIKAN

BIAYA PENDIDIKAN UNTUK DIPLOMA III PERHOTELAN PEMINATAN ROOMS DIVISION, FOOD & BEVERAGE SERVICE, KITCHEN DAN PASTRY PER SEMESTERNYA SEBAGAI BERIKUT

*BIAYA TERSEBUT DIKENAKAN PERTAHUN, DENGAN ADANYA KEBIJAKAN DAPAT DILAKUKAN PEMBAYARAN 2 KALI DITIAP TAHUNNYA.

BIAYA SUMBANGAN PEMBANGUNAN MINIMAL Rp.2.500.000 (Pada saat Registrasi awal)

SELAIN ITU ADA TAMBAHAN UANG KEMAHASISWAAN DAN IKOM (IKATAN ORANG TUA MAHASISWA), SEBESAR :
–  Kemahasiswaan   : Tahun Ke 1 : Rp. 750.000,-
Tahun Ke 2 : Rp. 250.000,-
Tahun Ke 3 : Rp. 250.000,-
–  IKOM                     : Tahun Ke 1 : Rp. 600.000,-
Tahun Ke 2 : Rp. 300.000,-
Tahun Ke 3 : Rp. 200.000,-

PENGGUNAAN BIAYA

  • Uang Kuliah Pendidikan per Tahun
  • Seragam Teori & Praktik
  • Bahan Praktikum mahasiswa di Kampus
  • Ujian Tengah dan Akhir Semester
  • Bahan Ajar /  Diktat Perkuliahan / Flashdisk
  • Kunjungan Industri ke hotel atau industri
  • Asuransi Mahasiswa
  • Pengurusan Praktik Kerja Lapang
  • Uji Sertifikasi Kompetensi
BENEFIT PMJK
  1. Saringan masuk melalui seleksi administrasi nilai raport dan prestasi yang dimiliki tanpa tes tertulis
  2. Tidak dipungut biaya Pendaftaran